Jumat, 28 Desember 2018

Resep Labu Kuning untuk MPASI Batita 7-9 Bulan

resep labu kuning


Bunda sedang mengenalkan beragam menu sehat untuk MPASI si Kecil? Yuk, cobain resep labu kuning sebagai bagian dari menu MPASI sehatnya. Mengapa labu kuning? Meskipun penampilannya tampak sederhana, namun labu kuning menyimpan banyak manfaat nutrisi. Kandungan antioksidan dan beta karotennya cukup tinggi, cukup baik sebagai pencegah kanker.

Resep labu kuning berikut ini menggunakan panduan pola makan seimbang WHO, yaitu tetap berpatokan pada menu 4 bintang. Menu 4 bintang adalah menu pola makan seimbang di mana dalam satu porsi makanan mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan serat sayuran. Dilengkapi dengan lemak tambahan (minyak zaitun, keju, santan, butter).
Yuk, simak resepnya berikut ini.

Bubur Saring Labu Kuning-Telur

Bahan:
50 gram labu kuning
Setengah centong nasi putih
50 gram tempe
1 kuning telur rebus (bisa menggunakan telur ayam kampung, atau telur ayam broiler)
3 sdm ASIP atau air matang
½ sdt minyak zaitun EVOO

Cara membuat:
  1. Kukus labu kuning dan tempe hingga masak dan lunak. Dinginkan hingga setengah hangat.
  2. Saring labu kuning, tempe, nasi, dan kuning telur satu persatu dengan menggunakan saringat kawat. Tekan dengan punggung sendok di atas saringan. Ambil bagian yang keluar di bawah saringan.
  3. Encerkan dengan ASIP atau air matang. Atur kekentalan hingga semi kental. Yaitu, jika sendok dibalik, bubur tidak langsung meluncur.
  4. Beri topping minyak zaitun.
  5. Sajikan hangat.

Bubur Kabocha Salmon

Bahan:
25 gram labu kuning atau Kabocha
25 gram kentang
25 gram tahu sutra
25 gram salmon fillet. Rendam sesaat dengan jeruk nipis.
3 sdm ASIP atau air matang
1 sdm keju cheddar parut

Cara membuat:
  1. Kukus labu kuning, kentang, tahu, dan salmon hingga matang sempurna.
  2. Saring seluruh bahan satu persatu dalam keadaan masih hangat, dengan saringan kawat. Bisa juga menggunakan garpu untuk melumatkan labu kuning, kentang, dan tahu.
  3. Atur kekentalan dengan ASIP atau air matang.
  4. Tata dalam piring makan, beri topping salmon lumat dan keju cheddar.
  5. Sajikan hangat.
Tips:
  • Jika Bunda ingin membuat stock untuk beberapa porsi, cukup bagi bahan makanan dalam beberapa wadah terpisah. Jangan menyimpan dalam bentuk sudah tercampur kesemuanya. Dengan begitu, tidak akan terjadi perubahan rasa atau konsistensi bahan.
  • Labu kuning merupakan sayuran dengan serat tinggi. Sebaiknya Bunda tidak memadukannya dengan sayuran berserat lainnya. Untuk mencegah si Kecil mengalami sembelit. Pencernaan bayi di bawah 2 tahun tidak memerlukan banyak serat. Karena sistem pencernaannya masih belum terlalu sempurna. Pencernaan si Kecil yang terlalu keras bekerja mencerna serat,  malah akan mengakibatkan konstipasi atau sembelit.

Manfaat Labu Kuning

Labu kuning atau yang memiliki nama lain Kabocha, memiliki segudang manfaat sehat. Yang sangat cocok untuk tumbuh kembang si Kecil. Kandungan nutrisi labu kuning antara lain:
  1. Mengandung kalsium dan magnesium yang sangat bagus untuk menunjang pertumbuhan tulang si Kecil.
  2. Mengandung asam fosfor yang terbukti bermanfaat untuk perkembangan fungsi otak dan pencernaan.
  3. Kaya vitamin A dan vitamin C. Selain menjaga kesehatan mata, juga sebagai imun booster si Kecil di musim pancaroba.
  4. Bagus untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulit si Kecil, dan menghindarkannya dari risiko kanker di kemudian hari.
  5. Memiliki trytophan atau salah satu asam amino penunjang tubuh untuk memproduksi serotonin. Serotonin berfungsi membuat tidur si Kecil lebih nyenyak, sehingga proses pertumbuhan dan penggantian sel-sel rusak lebih optimal.
Banyak sekali bukan, manfaat si kuning manis ini? Yuk Bunda, mulai mencoba resep labu kuning untuk si Kecil.

Related Posts

Resep Labu Kuning untuk MPASI Batita 7-9 Bulan
4/ 5
Oleh